Rabu, 23 Februari 2011

Kelebihan dan Kekurangan Cara Cepat

Pernah dengar istilah Cara Cepat dalam mengerjakan soal-soal matematika? Apa yang dimaksud Cara cepat? Anda pernah dengar? Anda tertarik menggunakannya? Itu bermanfaat untuk anda? Bagi saya itu TIDAK!!!

Menjelang saat-saat ujian, para pelajar cenderung pengen yang instan, terutama dalam mengerjakan soal-soal Matematika. Semua pengen cepet dan benar tanpa tahu langkah-langkah yang benar. Mungkin Matematika masih menjadi momok bagi pelajar Indonesia. Ketertarikan terhadap Matematika sekarang sudah kalah dengan Facebook. Maklum, situs jejaring sosial tersebut sekarang sudah booming. Mereka lebih senang berlama-lama dengan facebooknya daripada belajar. Akhirnya, saat mau ujian, bingung. Pengen cepet bisa dengan cara yang cepat pula, ntah itu dari mana asalnya.

Apa yang dimaksud Cara Cepat itu? Cara Cepat yang saya maksud adalah cara-cara pintas yang digunakan untuk mengerjakan soal-soal Matematika. Hanya dengan beberapa detik, bahkan hanya melihat, sudah tahu jawabannya. Hebat ga tuh...Seandainya semua permasalah bisa dikerjakan dengan cara cepat seperti itu. Betapa mudahnya hidup ini ya...
Kenyataannya cara cepat tersebut tidak berlaku untuk semua jenis soal dalam matematika. Apalagi klo soalnya uraian dan disuruh menjabarkan. Ya pasti salah klo pakai cara cepat...Hal ini yang sering tidak dipikirkan oleh para pelajar kita. Mungkin juga karena sistem pendidikan di Negeri ya yang masih harus terus diperbaiki. Momok ujian nasional juga sama menakutkannya dengan Matematika, ya ga? Jika hanya ingin lulus ujian nasional dan SNMPTN, cara cepat ini sangat membantu anda, apalagi soal-soalnya ga berbeda jauh dari tahun ke tahun. Tapi bagi anda yang pengen bener-bener memahami Matematika, jangan menggunakan cara cepat ini, karena hanya akan menyesatkan.
Berikut ini saya berikan kelebihan dan kekurangan cara cepat:
Kelebihan:
  1. Bisa menyelesaikan soal matematika dalam hitungan detik, bahkan tanpa berpikir.
  2. Mempermudah anda dalam mengikuti tes-tes, seperti ujian nasional dan SNMPTN, yang menggunakan pilihan ganda.
Kekurangan:
  1. Setiap soal yang berbeda, meskipun intinya sama, rumusnya beda. Jadi harus menghafal semua bentuk soal dan cara cepatnya.
  2. Pemahaman Matematika anda akan berkurang, karena matematika tidak hanya berhitung tapi juga ada proses.
  3. Dalam kehidupan nyata, cara cepat tersebut sulit diterapkan.
  4. Dan yang jelas, anda akan merasakan kekurangan cara cepat tersebut saat anda lulus, melanjutkan kuliah yang sudah tidak memakai soal-soal pilihan ganda lagi. Soal uraian membutuhkan logika dan urutan berpikir yang bagus, bukan cara cepat.

Panduan UASBN 2011

Buat siswa-siswi SD, yang ingin memperdalam pengetahuannya tentang Soal Matematika utk UASBN 2011, silahkan mendownload link-link dibawah ini. Alhamdulillah Link ini sudah lengkap dengan soal-soal yang sesuai indikator, kisi-kisi sesuai dengan Permen DIKNAS, ringkasan materi, lengkap dgn soal-soal yang pernah keluar dalam UASBN maupun ujian-ujian lokal. InsyALLAH mengantarkan putra-putri anda mendapatkan nilai Matematika 10,00.
Semoga Bermanfaat.....
Klik disini untuk mendownload:


1.Operasi Hitung Bilangan (soal UASBN Indikator 1, 2, 3, 4, dan 5)

2.Penjumlahan Pengurangan Pecahan (Soal UASBN Indikator 6)
3.Pecahan Desimal (Soal UASBN Indikator 7)
4.Perkalian Pembagian soal cerita Pecahan (Soal UASBN Indikator 8, 9)
5.Hitung Persen (Soal UASBN Indikator 10)
6.Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) - Soal UASBN Indikator 11 dan 12.
7.Faktor Persekutuan ter-Besar (FPB) - Soal UASBN Indikator 13 dan 14
8.Skala dan Perbandingan (Soal UASBN Indikator 15 dan 16)
9.Akar Pangkat Dua (Soal UASBN Indikator 17 dan 18)
10.Satuan Waktu Panjang (Soal UASBN Indikator 19 dan 20)
11.Satuan Berat, Luas (Soal UASBN Indikator 21 dan 22)
12.Satuan Volume dan Kecepatan (Soal UASBN Indikator 23 dan 24)
13.Bangun Datar dan Ruang (Soal UASBN Indikator 25, 26, 27, 28, dan 29)
14.Keliling, Luas Bangun Datar (Soal UASBN Indikator 30, 31, dan 32)
15.Jaring-Jaring Kubus Balok (Soal UASBN Indikator 33)
16.Volume, Luas Permukaan Kubus Balok (Soal UASBN Indikator 34 dan 35)
17.Koordinat Cartesius (Soal UASBN Indikator 36)
18.Diagram Lingkaran dan Pengolahan Data (Soal UASBN Indikator 37, 38, 39, dan 40)


"Hidup akan berarti jika saling memberi, Semoga bermanfaat. Amin..."